Contoh Proposal PT. Pos Indonesia
https://madivic.blogspot.com/2015/02/contoh-proposal-pt-pos-indonesia.html
BAB I
PENDAHULUAN
1.1
LatarBelakang Masalah
Persaingan yang kompetitif di bidang jasa membuat para pengusaha
melakukan suatu perbaikan
dalam melayani permintaan pelanggan.
Sebab dalam hal jasa, kepuasan pelanggan sangat menentukan usaha tersebut dapat bertahan
atau tidak dalam persaingan dengan usaha
lainnya yang sejenis. Sumardy, konsultan
senior dari MarkPluss & Co, berpendapat bahwa apabila tidak mengikuti atau memberi value lebih ke pelanggan, indeks kepuasan sudah tentu akan turun. Selain itu Sumardy juga mengemukakan
bahwa terdapat
dua komponen
utama yang
mendasari suatu perusahaan jasa untuk membangun kepuasan
pelanggan yaitu people dan infrastructure.
Salah satu kebutuhan
hidup yang tak kalah penting di era globalisasi ini adalah kebutuhan akan jasa
pengiriman paket . Banyaknya penduduk yang saling mengirim paket dari tempat
yang jauh membuat jasa ini menjadi sangat penting. Berdasarkan kenyataan
tersebut banyak bermunculan jasa pengiriman paket swasta, sedangkan jasa
pengiriman pemerintah dari dahulu sampai sekarang hanya satu, yaitu PT Pos
Indonesia (Persero).
Dewasa ini penyelengaraan
Pos ditujukan sebagai pendukung pembangunan yang mampu mempererat hubungan
antara warga masyarakat dan instansi pemerintah untuk mengelola tugas-tugas
pemerintah dalam mengatur, mengawasi, membina dan mengarahkan bermacam-macam
kegiatan oleh dan untuk masyarakat. Dengan memberikan pelayanan yang sebaik
mungkin tanpa membedakan.
Pada dasarnya keberadaan
PT Pos Indonesia (Persero) merupakan bagian pembangunan nasional, yaitu
mempercepat pembangunan melalui pembangunan jaringan komunikasi antar daerah.
Oleh karena itu penyelenggaraan pos dijalankan oleh Negara demi kepentingan
umum dan bertujuan menunjang pembangunan nasional.
1.2 IdentifikasiMasalah
Pembahasan dalam
penulisan proposal ini adalah tentang bagaimana memberikan layanan kepada
pelanggan PT Pos Indonesia (Persero) tentang pengiriman paket .
Adapun
identifikasi masalah yang akan dikaji
dalam penelitian/proposal ini adalah :
1.
Apa yang menjadi keluhan pelanggan
tentang keterlambatan pengiriman paket pada PT Pos Indonesia (Persero)
2.
Seberapa banyaknya pelanggan PT Pos
Indonesia (Persero) yang mengharapkan informasi yang jelas mengenai pengiriman
paket
3.
Cara memudahkan pelanggan untuk
mendapatkan informasi dalam melakukan transaksi pengiriman paket pada PT Pos
Indonesia (Persero) Medan
Permasalahan yang akan dibahas dalam proposal ini mengenai fungsi data pengiriman paket (barcod)dioptimalkan
sebagai sarana pengalihan otomatis dalam menginformasikan pengiriman paket oleh
pelanggan. Dengan menggunakan sebuah PC sebagai server yang diisi
dengan aplikasi komputer dan melalui
kabel data informasi antara pelanggan dengan PT Pos Indonesia (Persero).
1.3
RumusanMasalah
Berdasarkan uraian diatas maka penulis dapat ditarik perumusan masalah sebagai berikut
1.
Bagaimana
membangun aplikasi layanan informasi pengecekan pengiriman paket
?
2.
Bagaimana
merancang sistem informasi pengiriman paket pada PT POS INDONESIA ?
3.
Bagaimana
membangun aplikasi yang dapat mempermudah pengguna dalam melakukan komunikasi
data dimanapun ?
1.4
BatasanMasalah
Adapun
batasan masalah yang penulis berikan dalam pembuatan aplikasi pengecekan
pengiriman paket adalah sebagai berikut :
1.
Aplikasi yang dirancang khusus
tentang Pengecekan pengiriman paket .
2.
Mengintegrasikan komputer sebagai alat
penghubung informasi pelanggan dengan PT Pos Indonesia (Persero).
3.
Merancang program aplikasi menggunakan
perangkat lunak VISUAL BASIS .
1.5
TujuanPenelitian
Tujuan yang ingin dicapai melalui penelitian dan penulisan
proposal ini adalah sebagai berikut :
1. Membuat
suatu layanan sistem pengalihan informasi mengenai pengiriman paket melalui
data pengiriman paket (barcod).
2. Untuk membuat perancangan sistem informasi yang
lebih efektif dan efisien sehingga membantu perusahaan dalam mempermudah
prosses penggolahan data pada PT
Pos Indonesia (Persero).
1.6 Manfaat Penelitian
Manfaat
dari penulisan proposal tugas akhir ini
adalah :
1.
Untuk memberikan
kemudahan bagi pelanggan PT Pos Indonesia (Persero) dalam memperoleh informasi yang efektif dan efisien.
2.
Dapat memajukan dan meningkatkan citra
PT Pos Indonesia (Persero) Medan.
3.
Dapat
menghasilkan laporan pengiriman paket dengan cepat.
1.7
Metodologi
Penelitian
Metode penelitian merupakan suatu proses, yaitu suatu
rangkaian langkah-langkah yang
dilakukan secara terencana dan sistematis guna mendapatkan pemecahan masalah
atau mendapatkan jawaban terhadap pertanyaan-pertanyaan tertentu.
Metodologi penelitian yang digunakan dalam penulisan proposal
ini meliputi:
1.7.1
Studi
kepustakaan
Penelitian kepustakaan adalah penelitian dengan sumber– sumber kepustakaan . Penelitian ini dimaksudkan untuk mendapatkan landasan teori yang
memadai.Dalam hal ini, data dan keterangan dikumpulkan dari sumber–sumber seperti buku,bahan – bahan perkuliahan serta materi–materi lainya yang berhubungan dengan masalah yang ditinjau dalam penyusunan tugas akhir ini.
a. Studi
Lapangan, dilakukan dengan cara
meneliti perusahaan secara langsung. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan data –
data dan keterangan yang berhubungan dengan masalah yang diteliti.
b. Pengumpulan
informasi, mencari informasi mengenai isi dari aplikasi berbasis dapat di integrasikan
dengan program komputer.
Pembuatan
Perangkat Lunak, yaitu
dengan melakukan perancangan database, perancangan program dan laporan
1.8
SistematikaPenulisan
Sistematika penulisan Tugas Akhir ini adalah sebagai berikut:
BAB I : PENDAHULUAN
Dalam
bab ini penulis menjelaskan mengenai latar belakang masalah yang membahas permasalahan secara umum, rumusan masalah yang membahas judul dan topik peramasalahan,batasan masalah yang membatasi permasalahan yang
dibahas,tujuan dan manfaaat yang berkaitan dengan topik permasalahan,
metodologi penelitian dan sistematika penulisan.
BAB II : SISTEM INFORMASI PENGIRIMAN
Bab kedua ini menjelaskan tentang pengertian sistem,informasi, sistem informasi, database, dan pengiriman paket.
BAB III : TINJAUAN UMUM PERUSAHAAN
Bab ketiga menjelaskan tentang tinjauan umum perusahaan,
struktur organisasi, tugas,wewenang, serta
model yang digunakan didalam perusahaan.
BAB IV : ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM
Bab keempat memaparkan tentang evaluasi Sistem Informasi Pengiriman Paket Pada PT Pos Indonesia dengan melihat data yang digunakan,
termasuk prosedur dari pengolahan
data dan bab ini juga merupakan inti pembahasan dari keseluruhan isi karena menceritakan mengenai sistem yang dipakai dan di usulkan dan penjelasan spesifikasi-spesifikasi seperti spesifikasi input,
output, file, dan program.
BAB V : IMPLEMENTASI SISTEM
Pengujian
sistem adalah tahap mendekteksi sistem, apakah sistem yang dibuat benar dan sesuai dengan apa yang direncanakan pada perancangan sistem sebelumnya. Agar sistem tersebut sudah benar maka terlebih dahulu dilakukan pengujian sistem tersebut dengan cara:
1. Melakukan
input data, apakah data yang direkamtelahsesuaidengan data yang dibutuhkan
2. Melakukan perbaikan data, apakah data yang
direkam ada kesalahan sehingga dapat dilakukan dengan perbaikan data
3. Melakukan penghapusan data apakah data yang
direkam akan dihapus karena tidak dibutuhkan lagi
4. Melihat
output atau hasil dari pengolahan
data paket.
5. Melakukan uji coba sistem secara berulang-ulang agar sesuai dengan kebutuhan sistem input, proses dan output.
BAB VI : KESIMPULAN DAN SARAN
Bab keenam merupakan akhir dari penelitian yang menjelaskan kesimpulan dari permasalahan serta saran – saran yang
diperlukan.
Cara untuk supaya bisa meneliti di pos itu gimana min untuk keperluan skripsi ?
BalasHapus