Berkomentarlah dengan bijak

Mobile Ads

Contoh Proposal PT. Pos Indonesia



BAB I
PENDAHULUAN

1.1    LatarBelakang Masalah
Persaingan yang kompetitif di bidang jasa membuat para pengusaha melakukan   suatu   perbaikan   dalam   melayani   permintaan   pelanggan. Sebab  dalam  hal  jasa,  kepuasan  pelanggan  sangat  menentukan  usaha tersebut   dapat   bertahan   atau   tidak   dalam   persaingan   dengan   usaha lainnya yang sejenis. Sumardy, konsultan senior dari MarkPluss & Co, berpendapat bahwa apabila tidak mengikuti atau memberi value lebih ke pelanggan,  indeks  kepuasan  sudah  tentu  akan turun. Selain   itu Sumardy  juga  mengemukakan  bahwa  terdapat  dua  komponen  utama yang   mendasari   suatu   perusahaan   jasa   untuk   membangun   kepuasan pelanggan yaitu people dan infrastructure.
Salah satu kebutuhan hidup yang tak kalah penting di era globalisasi ini adalah kebutuhan akan jasa pengiriman paket . Banyaknya penduduk yang saling mengirim paket dari tempat yang jauh membuat jasa ini menjadi sangat penting. Berdasarkan kenyataan tersebut banyak bermunculan jasa pengiriman paket swasta, sedangkan jasa pengiriman pemerintah dari dahulu sampai sekarang hanya satu, yaitu PT Pos Indonesia (Persero).
Dewasa ini penyelengaraan Pos ditujukan sebagai pendukung pembangunan yang mampu mempererat hubungan antara warga masyarakat dan instansi pemerintah untuk mengelola tugas-tugas pemerintah dalam mengatur, mengawasi, membina dan mengarahkan bermacam-macam kegiatan oleh dan untuk masyarakat. Dengan memberikan pelayanan yang sebaik mungkin tanpa membedakan.
Pada dasarnya keberadaan PT Pos Indonesia (Persero) merupakan bagian pembangunan nasional, yaitu mempercepat pembangunan melalui pembangunan jaringan komunikasi antar daerah. Oleh karena itu penyelenggaraan pos dijalankan oleh Negara demi kepentingan umum dan bertujuan menunjang pembangunan nasional.

1.2    IdentifikasiMasalah
Pembahasan dalam penulisan proposal ini adalah tentang bagaimana memberikan layanan kepada pelanggan PT Pos Indonesia (Persero) tentang pengiriman paket .
Adapun identifikasi masalah  yang akan dikaji dalam penelitian/proposal ini adalah :
1.      Apa yang menjadi keluhan pelanggan tentang keterlambatan pengiriman paket pada PT Pos Indonesia (Persero)
2.      Seberapa banyaknya pelanggan PT Pos Indonesia (Persero) yang mengharapkan informasi yang jelas mengenai pengiriman paket
3.      Cara memudahkan pelanggan untuk mendapatkan informasi dalam melakukan transaksi pengiriman paket pada PT Pos Indonesia (Persero) Medan
Permasalahan yang akan dibahas dalam proposal ini mengenai fungsi data pengiriman paket (barcod)dioptimalkan sebagai sarana pengalihan otomatis dalam menginformasikan pengiriman paket oleh pelanggan. Dengan menggunakan sebuah PC sebagai server yang diisi dengan aplikasi komputer dan melalui kabel data informasi antara pelanggan dengan PT Pos Indonesia (Persero).

1.3    RumusanMasalah
Berdasarkan uraian diatas maka penulis dapat ditarik perumusan  masalah sebagai berikut
1.      Bagaimana membangun aplikasi layanan informasi pengecekan pengiriman paket  ?
2.      Bagaimana merancang sistem informasi pengiriman paket pada PT POS INDONESIA ?
3.      Bagaimana membangun aplikasi yang dapat mempermudah pengguna dalam melakukan komunikasi data dimanapun ?

1.4    BatasanMasalah
Adapun batasan masalah yang penulis berikan dalam pembuatan aplikasi pengecekan pengiriman paket adalah sebagai berikut :
1.     Aplikasi yang dirancang khusus tentang Pengecekan pengiriman paket .
2.      Mengintegrasikan komputer sebagai alat penghubung informasi pelanggan dengan PT Pos Indonesia (Persero).
3.      Merancang program aplikasi menggunakan perangkat lunak VISUAL BASIS .

1.5    TujuanPenelitian
         Tujuan yang ingin dicapai melalui penelitian dan penulisan proposal ini adalah sebagai berikut :
1.      Membuat suatu layanan sistem pengalihan informasi mengenai pengiriman paket melalui data pengiriman paket (barcod).
2.      Untuk membuat perancangan sistem informasi yang lebih efektif dan efisien sehingga membantu perusahaan dalam mempermudah prosses penggolahan data pada  PT Pos Indonesia (Persero).




1.6  Manfaat Penelitian
            Manfaat dari penulisan proposal tugas akhir  ini adalah :
1.       Untuk memberikan kemudahan bagi pelanggan PT Pos Indonesia (Persero) dalam memperoleh informasi yang efektif dan efisien.
2.      Dapat memajukan dan meningkatkan citra PT Pos Indonesia (Persero) Medan.
3.      Dapat menghasilkan laporan pengiriman paket dengan cepat.

1.7     Metodologi Penelitian
Metode penelitian merupakan suatu proses, yaitu suatu rangkaian     langkah-langkah yang dilakukan secara terencana dan sistematis guna mendapatkan pemecahan masalah atau mendapatkan jawaban terhadap pertanyaan-pertanyaan tertentu.
Metodologi penelitian yang digunakan dalam penulisan proposal ini meliputi:
1.7.1        Studi kepustakaan                                                                  
      Penelitian kepustakaan adalah penelitian dengan sumber– sumber kepustakaan . Penelitian ini dimaksudkan untuk mendapatkan landasan teori yang memadai.Dalam hal ini, data dan keterangan dikumpulkan dari sumber–sumber seperti buku,bahan – bahan perkuliahan serta materi–materi lainya yang berhubungan dengan masalah yang ditinjau dalam penyusunan tugas akhir ini.
a.       Studi Lapangan, dilakukan dengan cara meneliti perusahaan secara langsung. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan data – data dan keterangan yang berhubungan dengan masalah yang diteliti.
b.      Pengumpulan informasi, mencari informasi mengenai isi dari aplikasi berbasis dapat di integrasikan dengan program komputer.
Pembuatan Perangkat Lunak, yaitu dengan melakukan perancangan database, perancangan program dan laporan

1.8    SistematikaPenulisan
Sistematika penulisan Tugas Akhir ini adalah sebagai berikut:
BAB I             : PENDAHULUAN
Dalam bab ini penulis menjelaskan mengenai latar belakang masalah yang membahas permasalahan secara umum, rumusan masalah yang membahas judul dan topik peramasalahan,batasan masalah yang membatasi permasalahan  yang dibahas,tujuan dan manfaaat yang berkaitan dengan topik permasalahan, metodologi penelitian dan sistematika penulisan.
BAB II            : SISTEM INFORMASI PENGIRIMAN
Bab kedua ini menjelaskan tentang pengertian sistem,informasi, sistem informasi, database, dan pengiriman paket.
BAB III          : TINJAUAN UMUM PERUSAHAAN
Bab ketiga menjelaskan tentang tinjauan umum perusahaan, struktur organisasi, tugas,wewenang, serta model yang digunakan didalam perusahaan.
BAB IV          : ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM
Bab keempat memaparkan tentang evaluasi Sistem Informasi Pengiriman Paket Pada PT Pos Indonesia dengan melihat data yang digunakan, termasuk prosedur dari pengolahan data dan bab ini juga merupakan inti pembahasan dari keseluruhan isi karena menceritakan mengenai sistem yang dipakai dan di usulkan dan penjelasan spesifikasi-spesifikasi seperti spesifikasi input, output, file, dan program.
BAB V            : IMPLEMENTASI SISTEM
Pengujian sistem adalah tahap mendekteksi sistem, apakah sistem    yang dibuat benar dan sesuai dengan apa yang direncanakan pada perancangan sistem sebelumnya. Agar sistem tersebut sudah benar maka terlebih dahulu dilakukan pengujian sistem tersebut dengan cara:
1.      Melakukan input data, apakah data yang direkamtelahsesuaidengan data yang dibutuhkan
2.      Melakukan perbaikan data, apakah data yang direkam ada kesalahan sehingga dapat dilakukan dengan perbaikan data
3.      Melakukan penghapusan data apakah data yang direkam akan dihapus karena tidak dibutuhkan lagi
4.      Melihat output atau hasil dari pengolahan data paket.
5.      Melakukan uji coba sistem secara berulang-ulang agar sesuai dengan kebutuhan sistem input, proses dan output.
BAB VI          : KESIMPULAN DAN SARAN
Bab keenam merupakan akhir dari penelitian yang menjelaskan kesimpulan dari permasalahan serta saran – saran yang diperlukan.

Related

kuliah 8132560161548942352

Posting Komentar

  1. Cara untuk supaya bisa meneliti di pos itu gimana min untuk keperluan skripsi ?

    BalasHapus

harap tidak melakukan spam atau link semacamnya. Terima kasih

emo-but-icon

Hot

Comments

Visitors

-

close
close

Terkini

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

item