Contoh Bab 5 pada Skripsi Manajemen Informatika Komputer
https://madivic.blogspot.com/2015/02/contoh-bab-5-pada-skripsi-manajemen.html
BAB V
HASIL DAN PEMBAHASAN
5.1
Hasil
Adapun hasil
Perancangan Sistem
Informasi Pendaftaran Pasien Pada Klinik Medistra Medan. yang sudah dibuat, dapat
dilihat dibawah ini:
5.1.1
Kebutuhan
Perangkat Keras (Hardware) dan Perangkat Lunak (Software)
Dalam penerapan sistem yang dibuat tidak terlepas dari perangkat keras
dan perangkat lunak. Untuk menguji program atau sistem informasi, digunakan komputer dengan spesifikasi sebagai
berikut:
A. Perangkat Keras (Hardware)
1. Intel Pentium I3
2. Memory 2GB
3. Hardisk 500 GB
4. USB
5. Mouse
6. Keyboard
7. Monitor
8. Printer
B. Perangkat Lunak (Software)
1.
Sistem Operasi Microsoft Windows 7
2.
Microsoft Office 2007
3.
Bahasa Pemrograma php
4.
Javascript
5.
Css
6.
Mysql
7. Editor yang digunakan notepad++
C. Perangkat Manusia (Brain ware)
1.
EDP (Entry Data Processing)
2.
Teknisi
3. Administrator
5.1.2
Implementasi
Sistem
Implementasi sistem adalah prosedur yang dilakukan untuk menyelesaikan
desain yang ada dalam dokumen desain sistem yang disetujui dan menguji,
menginstal, memulai, serta menggunakan sistem yang baru atau sistem yang
diperbaiki.
Penggunaan suatu komputer untuk pemecahan masalah membutuhkan suatu
sistem yang baik, sehingga memungkinkan berhasilnya komputer dalam melaksanakan
tugasnya, yaitu mengolah data menjadi informasi. Langkah implementasi yang
dilakukan dalam menyelesaikan Perancangan Sistem Informasi Pendaftaran Pasien Pada Klinik Medistra
Medan,
Menyediakan perangkat keras (Hardware) dan perangkat lunak (Software). Dalam
tahap ini disediakan perangkat keras.
Perangkat lunak yang dibutuhkan adalah Sistem Operasi Windows 7 dan bahasa pemograman yang digunakan untuk
menulis program ke dalam komputer. Menguji sistem menjelaskan mengenai hasil
pengujian sistem yang dilakukan pada Perancangan Sistem
Informasi Pendaftaran Pasien Pada Klinik Medistra Medan. Metode pengujian sistem yang digunakan adalah black-box testing. Black-box
testing adalah metode pengujian yang dimana penilaian terhadap sebuah
aplikasi bukan terletak pada spesikasi logika/fungsi aplikasi tersebut, tapi
masukan (input) dan keluaran (output). Dengan berbagai masukan (input) yang diberikan
akan dievaluasi apakah suatu sistem/aplikasi dapat memberikan keluaran (output)
yang sesuai dengan harapan penguji. Pengujian sistem dilakukan dengan cara sebagai berikut:
1.
Hasil pengujian sistem
disajikan dalam bentuk tabel.
2. Pengujian ditargetkan pada setiap proses yang dimiliki Perancangan Sistem Informasi Pendaftaran Pasien
Pada Klinik Medistra Medan.
3.
Pada
website yang dibuat terdapat beberapa halaman yang dibuat diantaranya user
dapat memberikan komentar baik itu kritik dan dan saran di web site Sistem Informasi Pendaftaran Dan
Transaksi Pasien, user juga dapat melihat informasi daftar dokter, daftar layanan di Klinik
Medistra Medan.
4.
Pada
website ini terdiri dari 4 grup user dengan akses sebagai berikut :
a.
Admin
-
Buku
Tamu
-
Form
Buat Berita Baru
-
Form
Dokter
-
Form
Layanan
-
Form
Obat
-
Form
User
b.
Dokter
-
Form
Diagnosa
c.
Pendaftaran
-
Form
Pasien
-
Form
Pendaftaran
d.
Farmasi
-
Form Farmasi
5.1.3 Pembahasan
Hasil
1. Halaman Link Home
Halaman ini akan tampil pertama sekali sewaktu user masuk ke halaman
website dengan alamat http://localhost/klinik di web browser seperti
mozilla, adapun fungsi dari halaman ini adalah sebagai penghubung ke halaman –
halaman lain dengan mengclick beberapa link yang ada pada halaman website.


Gambar 4.1 Halaman
Link Home
2. Halaman Link Dokter
Halaman ini akan tampil jika user mengclick link dokter yang ada di menu atas halaman website, pada
halaman ini user dapat melihat daftar data dokter-dokter yang bertugas di Klinik Medistra Medan.


Gambar 4.2 Halaman
Dokter
3. Halaman Link Layanan Kami
Halaman ini akan tampil jika user mengclick link layanan kami yang ada di menu atas halaman website, pada
halaman ini user dapat melihat daftar data layanan-layanan yang tersedia di Klinik
Medistra Medan.


Gambar 4.3 Halaman
Layanan Kami
4. Halaman Berita
Halaman ini akan tampil jika user mengclick link berita yang ada di menu
atas halaman website, pada halaman ini user melihat judul-judul berita yang
terbaru di update oleh administrator website Klinik Medistra Medan.


Gambar 4.4 Halaman
Berita
5. Halaman Detail Berita
Halaman ini akan tampil jika user
mengclick link berita yang ada di menu
atas halaman website, akan tampil beberapa daftar berita-berita yang sudah di
update administrator Klinik Medistra Medan dan untuk melihat detail dari berita-berita yang dipilih oleh user.


Gambar 4.5 Halaman
Detail Berita
6. Halaman Link Buku Tamu
Halaman ini akan tampil jika user mengclick link buku tamu yang ada di menu
atas halaman website, pada halaman ini user dapat memberikan kritik dan saran
atau pertanyaan sekilas website Klinik Medistra Medan, dan
untuk konfirmasi komentar anda akan di konfirmasi terlebih dahulu oleh
administrator website sebelum di tampilkan di website


Gambar 4.6 Halaman
Link Buku Tamu
7. Halaman Contact Us
Halaman ini akan tampil jika user mengclick link contact us yang ada di
menu atas halaman website, pada halaman ini user dapat melihat contact us
dari Klinik Medistra Medan.


Gambar 4.7
Halaman Contact Us
8. Halaman Form Input Berita
Halaman ini akan tampil jika
administrator memilih form buat berita
yang ada pada menu sebelah kiri halaman administrator, pada halaman ini seorang
administrator dapat menambah, mengedit atau menghapus data berita

Gambar 4.8 Halaman
Form Buat Berita
9. Halaman Form User
Halaman ini akan tampil jika
administrator memilih form user yang ada
pada menu sebelah kiri halaman administrator, pada halaman ini seorang
administrator dapat menambah, mengedit atau menghapus data user sebagai
administrator website

Gambar 4.9 Halaman
Form User
10. Halaman Form Dokter
Halaman ini akan tampil jika
administrator memilih form dokter yang ada pada menu sebelah kiri halaman
administrator, pada halaman ini seorang administrator dapat menambah, mengedit
atau menghapus data dokter.

Gambar 4.10 Halaman
Form Dokter
11. Halaman Form Obat
Halaman ini akan tampil jika
administrator memilih form obat yang ada pada menu sebelah kiri halaman
administrator, pada halaman ini seorang administrator dapat menambah, mengedit
atau menghapus data obat.

Gambar 4.11 Halaman
Form Obat
12. Halaman Form Layanan
Halaman ini akan tampil jika
administrator memilih form Layanan yang ada pada menu sebelah kiri halaman
administrator, pada halaman ini seorang administrator dapat menambah, mengedit
atau menghapus data layanan.

Gambar 4.12 Halaman
Form Layanan
13. Halaman Form Pasien
Halaman ini akan tampil jika bagian
pendaftaran memilih form pasien yang ada pada menu sebelah kiri halaman
administrator, pada halaman ini seorang bagian pendaftaran dapat menambah,
mengedit atau menghapus data pasien.

Gambar 4.13 Halaman
Form Pasien
14. Halaman Form Pendaftaran
Halaman ini akan tampil jika bagian
pendaftaran memilih form
pendaftaran yang ada pada menu sebelah
kiri halaman administrator, pada halaman ini seorang bagian pendaftaran dapat
menambah, mengedit atau menghapus data pendaftaran .

Gambar 4.14 Halaman
Form Pendaftaran
15. Halaman Form Diagnosa
Halaman ini akan tampil jika
dokter memilih form dokter
yang ada pada menu sebelah kiri halaman administrator, pada halaman ini
seorang dokter dapat menambah, mengedit atau menghapus data diagnosa .

Gambar 4.15 Halaman
Form Diagnosa
16. Halaman Form Farmasi
Halaman ini akan tampil jika bagian
farmasi memilih form farmasi
yang ada pada menu sebelah kiri halaman administrator, pada halaman ini seorang
bagian farmasi dapat menambah, mengedit atau menghapus data farmasi .

Gambar 4.16 Halaman
Form Farmasi
5.2 Pemeliharaan Sistem (Maintenance)
Pemeliharaan sistem informasi adalah suatu
upaya untuk memperbaiki, menjaga, menanggulangi, mengembangkan sistem yang ada.
Pemeliharaan ini di perlukan untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas
kinerja sistem yang kita ada agar dalam penggunaannya dapat optimal. Berikut
ini beberapa pengertian lain tentang pemeliharaan sistem dari beberapa sumber :
- Merupakan siklus terakhir
dari SDLC
- Pemeriksaan periodik, audit dan
permintaan pengguna akan menjadi source Untuk melakukan perawatan sistem diseluruh
masa hidup sistem Pemeliharaan sistem merupakan cara terbaik
untuk menjaga efiensi sistem yang sudah ada. Berikut merupakan beberapa alasan mengapa
kita perlu memelihara sistem yang ada :
b. agar dapat meningkatkan sistem / kinerja
sistem
c. Menyesuaikan dengan perkembangan, agar sistem yang ada tidak tertinggal
Jenis – jenis pemeliharaan sistem meliputi
:
a. Pemeliharaan Korektif Adalah pemeliharaan yang mengkoreksi kesalahan –
kesalahan yang ditemukan pada sistem, pada saat sistem di jalankan / berjalan.
b. Pemeliharaan Adaptif Yaitu pemelihaaan yang bertujuan untuk menyesuaikan perubahan yang terjadi
c. Pemeliharaan Perfektif Pemeliharaan ini bertujuan untuk menigkatkan cara
kerja suatu sistem
d. Pemmeliharaan Preventif Pemeliharaan ini bertujuan untuk menangani masalah – masalah yang ada
Siklus Hidup Pemeliharaan Sistem (SMLC) :
a. Permintaan Perubahan
b. Mengubah permohonan pemeliharaan menjadi suatu perubahan
c. Menspesifikasi perubahan
d. Membangun pengganti
e. Menguji pengganti
f. Melatih pengguna dan melakukan tes
Pemeliharaan sistem sangatlah penting bagi
pengguna sistem. Karena, seringkali penggunaan sistem operasi menjadi tidak
aman karena alasan-alasan seperti:
a. Sistem terinfeksi malware aktif
b. Sistem berkas corrupt
c. Perangkat keras melemah
Untuk mencegah hal-hal tesebut,
digunakanlah mOS(maintenance Operating system) yang berfungsi untuk:
a. Manajemen Malware yang aktif
b. Pemulihan data (recovery) dan perbaikan sistem berkas
harap tidak melakukan spam atau link semacamnya. Terima kasih